blog untuk menyelami dalamnya dunia

HUKUM


JAKARTA – Pakar Tatanegara Universitas Indonusa Esa Unggul Irman Putrasidin menilai RUU Rahasia Nehara bisa menimbulkan kekacauan ketatanegaraan karena bisa mereduksi rahasia negara menjadi rahasia birokrasi. Sebab lembaga yang kewenangannya diatur konstitusi bisa direduksi kewenangannya dengan RUU tersebut.

“Misalnya BPK saat akan memeriksa dukumen tertentu, tapi oleh institusi bersangkutan dibilang ini rahasia negara, dan kemudian tidak bisa diperiksa. Ini mereduksi peran konstitusional BPK,” jelas mantan Koordinator Staf Ahli Mahkamah Konstitusi (MK) itu, Selasa (27/5) malam.

Hal yang sama, kata Irman bisa dihadapi oleh lembaga negara lainnya, seperti MA, dan MK yang memiliki kewenangan di bidang hukum. Mereka bisa menghadapi hambatan pencarian alat bukti dengan alasan rahasia negara.

Lembaga legislative seperti DPR, lanjut Irman, juga bisa mengalami hal senada. “Hak angket DPR bisa mentah karena pemerintah tidak mau memberikan dokumen yang dibutuhkan untuk penyelidikan dengan alasan rahasia negara,” ungkapnya. (Dian Widiyanarko/Sindo/sis)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: