blog untuk menyelami dalamnya dunia

Teknologi

AVG sajikan aplikasi anti-virus berbahasa Indonesia.
Selasa, 04-08-2009

Kerugian produktivitas aktivitas kerja perkantoran dan bisnis global akibat serangan virus komputer untuk tahun 2008/2009 ditaksir bernilai hingga bermilyar dollar AS $. Kalangan ahli IT spesialis anti-virus meyakini bahwa nilai kerugian akibat serangan virus komputer selalu meningkat dari tahun ke tahun, sama sebangun dengan meningkatnya beredarnya virus yang berlipat ganda yang selang tahun 2008-2009 saja setidaknya telah bermunculan sekitar sejuta virus baru.
Tahun 2008 silam kajian Av-Test oleh Andreas Marx dkk. selaku spesialis sistem keamanan komputer setelah melaksanakan serangkaian pengujian test keandalan sistem anti-virus pendeteksi serangan dengan metode “Signature Detection” —serangan virus bermuatan sejuta lebih jenis/signature : 1.023.948 yang telah dikenali hingga semester kesatu 2008— dikombinasikan dengan Dynamic Detection —sistem deteksi dan blocking— uji serangan malware, rootkit dan trojan. Kajian ini telah menempatkan sederet nama perusahan yang lulus uji dengan peringkat top 8 (delapan) teratas yakni :
AVK 2008 | AntiVir | Avast! | Trend Micro | Symantec | AVG | BitDefender | Kaspersky .

Celah terbukanya bisnis layanan piranti lunak anti-virus global yang semakin tinggi nilai binisnya disamping semakin strategis dalam penggunaan bagi segenap kalangan pengguna IT seluruh dunia; rupanya dalam perhitungan untuk pasaran piranti lunak anti-virus di Indonesia dianggap prospektif untuk kemudian disikapi dengan jitu oleh perusahaan AVG Technologies dengan secara khusus yang menyajikan anti virus dengan tata muka dan isi lengkap dalam Bahasa Indonesia. AVG yang mengusung motto “Tough on Threat, Easy on You” pun memang sejak awal tahun yl telah menyediakan tampilan web situs dalam versi Bahasa Indonesia dengan menu halaman yang terbilang cukup lengkap.
Menjadi yang pertama dalam menyajikan AVG anti-virus versi bahasa lokal agaknya seakan menegaskan Indonesia semakin dipandang sebagai pasar bisnis yang terus tumbuh subur dan menjanjikan pada proyeksi masa yad; bahkan sekalipun terkena imbas imbas resesi AS 2008. Memang sesungguhnya beberapa perusahaan TIK global pun semakin banyak yang isinya bermuatan lokal atau Bahasa Indonesia dalam sajian layanan yang disajikan, contohnya tampilan situs bahasa Indonesia dengan fasilitas terjemahan on-line dari Google, situs jejaring sosial populer Facebok serta Friendster versi Bahasa Indonesia, dan yang terkini yakni browser OperaMini versi Bahasa Indonesia yang menyebar luas seiring dengan booming on-line melalui perangkat hp yang tengah terjangkit demam akses Facebook.

AVG Technologies memperoleh penghargaan “Global Excellence Awards 2009” dalam ajang RSA Security di AS dan setahun yl pernah berada pada salah satu peringkat top dalam aplikasi anti-virus pada situs C|Net : www.download.com. Hingga kini apikasi anti-virus diklaim digunakan oleh 80juta pengguna di seluruh dunia.
Aplikasi anti-virus terkini AVG Internet Security 8.5 versi personal dapat gratis diunduh dari situs: //www.avgid.com/id.lite-homepage
Versi lisensi berbayar dengan fasilitas keamanan yang lebih lengkap dapat dibeli mulai dari harga Rp. 248.100,-

Sumber: Up-dates ragam info web. / Rizal AK.

MIKROPROSESOR

AT8535DevBoardb


Munculnya terminologi komputer sebenarnya berawal dari kebutuhan akan suatu alat yang dapat dijalankan secara otomatis, memiliki kemampuan untuk mengerjakan hal yang diinginkan. Perkembangan teknologi semikonduktor, dengan diawali penemuan transistor, telah membawa kepada kemajuan teknologi elektronika sampai saat ini Komputer
Bagian fungsional utama sebuah komputer adalah Central Processing Unit/Unit Pemroses Utama, Memori dan Sistem Input-Output. Disebut bagian fungsional karena ketiga komponen inilah yang membentuk sebuah komputer dengan fungsinya masing-masing.

Semakin majunya ilmu pengetahuan,diiringi kemajuan dalam bidang komputasi mendorong peningkatan teknologi Hardware. Kemampuan hardware yang telah berkembang ini digunkan oleh banyak orang dalam kehidupan sehari- hari.Salah satunya adalah mikro Chip ,perkembangan mikro chip sangat cepat, diantaranya mikrokontroler.

Mikrokontroler banyak digunakan oleh orang untuk membuat alat- alat pintar seperti: robot,pengendali jarak jauh,pengontrol ataupun alat pemroses data,bahkan adapula yang dijadikan sebagai modul enkripsi. Alasan dijadikannya mikrokontroler dijadikan sebagai modul enkripsi adalah karena bentuknya yang kecil, dapat deprogram dan dapat dihapus kembali, memiliki memori internal,ataupun bisa ditambahkan memori eksternal,alas an utamanya adalah karena biaya untuk membuatnya relative rendah.

  1. Mikrokontroler adalah Sebuah mikroprosesor yang digabungkan dengan I/O dan memori (RAM/ROM) akan membentuk sebuah sistem mikrokomputer. Terilhami dengan CPU yang dapat dikonstruksi dalam sebuah single chip semiconductor, maka sebuah mikroprosesor, I/O dan memori dapat pula dibangun dalam level chip. Konstruksi ini menghasilkan Single Chip Microcomputer (SCM). SCM inilah yang disebut sebagai mikrokontroler.

Mungkin akan timbul pertanyaan, apakah perbedaan antara mikrokomputer dengan mikrokontroler? Selain arsitekturnya, mikrokontroler jika dibandingkan dengan mikrokomputer seperti IBM PC adalah penggunaan I/O interface dan media penyimpanan yang berbeda. Dalam IBM PC media penyimpanan biasa menggunakan disket, maka pada mikrokontroler menggunakan EPROM sebagai media penyimpanan .Sedangkan perbedaan antara mikroprosesor dengan mikrokontroler sudah jelas. Dalam mikrokontroler, RAM serta I/O interface sudah masuk di dalamnya. Ini merupakan satu keuntungan lebih dari mikrokontroler.

Dalam Hal penggunaannya, sistem mikrokontroler lebih banyak dipakai pada aplikasi yang deterministik, artinya sistem ini dipakai untuk keperluan yang tertentu saja misalkan sebagai pengontrol PID pada instrumentasi industri, pengontrol komunikasi data pada sistem kontrol terdistribusi.. Karena kemampuannya ang sangat tinggi,bentuknya yang relative kecil, serta konsumsi daya yang kecil maka mikrokontroler banayak dipakai oleh orang didunia untuk membuat alat- alat pintar,dari mainan anak-anak ,robot, sampai persenjataan militer.

Bebrapa keunggulan alat-alat yang brerbasis mikrokontroler:

  • High reliability and high degree of integration,

  • Redction in size,

  • Reduced component count and ower manufacturing cost,

  • Shorter development time,

  • Shorter time to market,

  • Lower power consumtion,

Mikrokontroler AVR merupakana salah satu jenis arsitektur mikrokontroler yang menjadi andalan Atmel. Arsitektur ini dirancang memiliki banyak kelebihan dan merupakan penyempurnaan dari arsitektur mikrokontroler-mikrokontroler yang sudah ada.Salah satu kemampuannya adalah In System Programming sehingga chip mikrokontoler AVR dapat langsung di program dalam system rangkaian aplikasi dengan aturan tertentu.Selain itu AVR sudah mengunakan arsitektur Havard yang memisahkan memori dan bus untuk data dan program ,serta menerapkan single level pipelining, sehinnga proses eksekusi instruksi dapat berlangsung cepat dan efisien.AVR memiliki banyak seri, tetapi yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ATMEGA8535.

ATMEGA8535 banyak digunakan dalam system yang kompleks, memiliki input signal analog, dan membutuhkan memory yang relative lebih besar. Fitur –fitur tang dimiliki oleh ATMEGA8535:

  • Memory flash 8 Kbytes untuk program

  • Memory EEPROM 512 bytes untuk data

  • Memory SRAM 512 bytes untuk data

  • Maksimal 32 poin I/O

  • Internal interrupt dan eksternal interrupt

  • 1x 16 bit timer dan 2×8-bit timer

  • 8 Chanel Analog to Digital Converter

  • Komunikasi serial melalui SPI dan UART

  • Analog komparator

  • ON-chip oscillator

Terdapat perbedaan yang signifikan antara mikrokontroler dan mikroprosessor. Perbedaan yang utama antara keduanya dapat dilihat dari dua faktor utama yaitu arsitektur perangkat keras (hardware architecture) dan aplikasi masing-masing.

  • Ditinjau dari segi arsitekturnya, mikroprosesor hanya merupakan single chip CPU, sedangkan mikrokontroler dalam IC-nya selain CPU juga terdapat device lain yang memungkinkan mikrokontroler berfungsi sebagai suatu single chip computer. Dalam sebuah IC mikrokontroler telah terdapat ROM, RAM, EPROM, serial interface dan paralel interface, timer, interrupt controller, konverter Anlog ke Digital, dan lainnya (tergantung feature yang melengkapi mikrokontroler tersebut).

  • Sedangkan dari segi aplikasinya, mikroprosessor hanya berfungsi sebagai Central Processing Unit yang menjadi otak komputer, sedangkan mikrokontroller, dalam bentuknya yang mungil, pada umumnya ditujukan untuk melakukan tugas–tugas yang berorientasi kontrol pada rangkaian yang membutuhkan jumlah komponen minimum dan biaya rendah (low cost).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: